Diangkat Jadi Pejabat Teras Menko PMK, Yan Manggesa Komitmen Maju Pilgub Sulbar

106

INFOSULBAR.COM – Salah satu putra terbaik Sulawesi Barat yaitu Marsekal Muda TNI (Purn) Masmun Yan Manggesa mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo untuk duduk di posisi penting di Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Yan Manggesa diangkat oleh presiden dengan tujuan untuk membantu tugas Menko PMK, Puan Maharani.

Jenderal bintang dua ini dilantik menjadi Deputi 1 Kemenko PMK yang mengemban tugas sebagai koordinator bidang Lingkungan Hidup, Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana di seluruh Indonesia.

Atas nama Presiden Jokowi, Menko PMK Puan Maharani melantik Yan Manggesa di Jakarta, Selasa (24/05/2016). Yan Manggesa menggatikan Laksamana Muda Willem Rampangilei, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BNPB.

Yan Manggesa sebelumnya telah menyatakan diri sebagai calon Wakil Gubernur Sulawesi Barat pada Pilgub 2017. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Atase Pertahanan RI di Singapura ini akan mendampingi Anggota DPD RI Muh. Asri Anas sebagai kandidat calon Gubernur Sulawesi Barat.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Yan Manggesa akan tetap melangkahkan kakinya untuk maju di Pilgub Sulbar kendati telah menduduki kursi jabatan yang sangat penting di pusat?

“Saya ini tidak mengejar jabatan. Saya dari awal akan tetap berkomitmen untuk membangun daerah, yaitu dengan cara maju di Pilgub mendampingi Pak Asri Anas. Jadi saya akan tetap maju di Pilgub,” kata Yan Manggesa usai pelantikan.

Sebagai perbandingan, posisi sebagai bakal calon wakil gubernur tentu tak selevel dengan jabatan sebagai Deputi 1 yang memiliki tugas dan tanggung jawab langsung di bawah Menko PMK. Namun demikian, menurut Yan Manggesa, komitmen untuk membangun Sulbar merupakan suatu hal yang jauh lebih penting, terutama untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Sulbar.

“Saya masih menunggu penetapan dari KPU sebagai salah satu calon wakli gubernur, dan nantinya saya akan mendampingi bapak Asri Anas melalui jalur independen,” ujar Yan Manggesa.

Informasi beredar Menko PMK Puan Maharani yang menginginkan langsung Yan Manggesa di posisi penting itu. Kemenko PMK membawahi sejumlah kementerian seperti Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pemuda dan Olahraga; dan instansi lain yang berhubungan dengan Kemenko PMK.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Yan Manggesa di Pilgub Sulbar, Urbanisasi menegaskan bahwa Yan Manggesa sejak awal ingin membangun Sulbar dan bukan untuk mencari-cari jabatan. Jika tujuan dan niatnya mencari jabatan dan harta kekayaan maka Yan Manggesa jelas akan memilih Deputi I Kemenko PMK dibandingkan posisi calon wakil gubernur Sulbar yang masih akan berproses.

‘Ini sebuah kebanggaan pertama kali orang Mamasa (Yan Manggesa) menduduki jabatan deputi 1 Kementerian Koordinator. Beliau rela meninggalkan posisi itu kelak untuk membangun Sulbar maju di Pilgub,” kata Urban.

Menurut dia ini sebagai langkah awal keseriusan Yan Manggesa membangun daerahnya dengan maju di Pilgub Sulbar. “Beliau bukan untuk mencari jabatan melainkan ingin pulang ke daerahnya mengabdi. Sebuah pengorbanan besar bagi beliau meninggalkan jabatan penting di pusat untuk memajukan daerahnya,” kata dia.

Urban menegaskan keseriusan Yan Manggesa untuk maju di Pilgub Sulbar tidak main-main.

Semua infrastruktur pendukung tim pemenangan di Sulbar sudah dibentuk dan dukungan untuk pasangan Asri-Yan Manggesa (AMAN) terus bertambah.

Demikian pula Posko Pemenangan telah berdiri di beberapa wilayah di Sulbar. “Kalau di Mamasa lokasi posko kami sudah dirikan di dekatnya rujab,” kata Urban yang juga dosen hukum di sebuah universitas ternama di Jakarta ini.

Dia mengakui banyak pihak yang membuat wacana dan isu yang seolah-olah Jenderal Yan Manggesa tidak serius maju di Pilgub.

“Masyarakat jangan terkecoh dengan pengangkatan Pak Yan sebagai deputi 1 Menko PMK ini. Justru kami menganggap ini semakin positif untuk maju di Pilgub. Isu-isu yang beredar di luar sengaja dibuat untuk menggembosi pasangan AMAN. Biarlah itu nanti akan berlalu dengan sendirinya dan kami tetap komitmen untuk bersatu maju di Pilgub,” kata Urban.

Urban mengaku, sebelum diangkat menjadi pejabat penting di Menko PMK, Yan Manggesa sudah mengumumkan akan serius maju di Pilgub Sulbar bahkan dalam tiga pekan terakhir telah mengunjungi sejumlah wilayah di Sulbar, bertemu dengan tokoh dan warga masyarakat.

{loadposition media-right}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here