Bawaslu Sulbar Kabulkan Permohonan Ilman dan Mulyana Isham

1756

INFOSULBAR.COM, Mamuju – Proses mediasi yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat telah berakhir pada Jumat (11/5/2018), dengan hasil mengabulkan seluruh permohonan yang dimasukkan oleh Pemohon.

Sebelumnya, dua orang bakal calon perseorangan DPD Dapil Sulbar atas nama Ilman Murgan dan Mulyana Isham yang menjadi pemohon memasukkan permohonan sengketa ke Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat setelah berkas dukungan yang digunakan sebagai syarat pendaftaran tidak diterima oleh KPU Provinsi Sulawesi Barat. Alasan KPU, berkas pendaftaran yang dimasukkan keduanya tidak lengkap.

Setelah Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat melakukan proses mediasi bagi kedua belah pihak, maka diperoleh hasil kesepakatan kepada keduanya agar kembali memasukkan berkas paling lambat tiga hari setelah putusan dibacakan untuk dilakukan verifikasi oleh KPU Provinsi Sulawesi Barat.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, Sulfan Sulo mengatakan, proses mediasi ini dilakukan sebagai langkah untuk mencapai kesepakatan dengan kedua belah pihak. Jika dalam proses mediasi tidak terjadi kesepakatan maka akan dilanjutkan ke tahap ajjudikasi.

“Kita menyambut baik kesepakatan kedua belah pihak dimana Pemohon harus memasukkan kembali berkas dukungan paling lambat tiga hari untuk dilakukan verifikasi administrasi oleh pihak KPU Provinsi Sulawesi Barat. Ini membuktikan kedua belah pihak lebih mengutamakan substansi khususnya bagaimana memberikan hak bagi calon DPD, apalagi sudah ada dukungan yang telah diberikan warga melalui KTP elektronik dan itu tidak diabaikan,” kata Sulfan.

Dia menambahkan, hasil rapat pleno KPU dengan memperhatikan proses mediasi yang dilakukan memutuskan kedua Pemohon untuk segera kembali memasukkan berkas untuk proses verifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dengan ini bakal calon anggota DPD Sulbar dari sebelumnya berjumlah 35 orang menjadi 37 orang untuk kemudian berkas pencalonannya diverifikasi oleh KPU Sulbar,” kunci Sulfan. (Rls).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here