Gadis Sulbar di Asian Games

175

Oleh : Muhammad Asri Anas (Anggota DPD RI/Ketua DPW PAN Sulbar)

Gadis muda ini bernama Ramla Baharuddin. Lahir tahun 1999, gadis asal Mamuju ini sudah menjalankan satu misi penting. Dia menjadi anggota tim nasional untuk dayung yang akan berlaga di Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Dia membela kehormatan Sulawesi Barat dan Indonesia di ajang olahraga antar-bangsa.

Saya mengagumi perempuan muda ini. Saya membayangkan beberapa tahun silam, dia masih belia dan bermain-main di Pantai Manakarra dan Pantai Lombang-Lombang di Mamuju. Kini, dia masih tetap bermain di air. Tapi dengan satu misi penting sebagai tim nasional dayung. Dia membawa nama Sulawesi Barat ke pentas yang lebih tinggi.

Tahun 2017 lalu, gadis yang tinggal di Desa Bambu, Mamuju, sudah pernah mewakili Indonesia di ajang International Dragon Boat Races di Makau, Cina. Dia membawa semangat para pelaut Mandar yang hebat di arena dayung. Dia meraih runner up di kejuaraan internasional yang bergengsi itu.

Kisah hidupnya juga membuat saya tersentuh. Ayah dan ibunya telah meninggal dunia. Dia seorang yatim piatu yang tinggal bersama kakaknya. Beruntung, dia mengenal olahraga yang kemudian melejitkan prestasinya. Bakat siswi SMA Negeri 2 Mamuju sudah terlihat sejak dini. Dia adalah atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

Di arena Asian Games, dia akan membawa spirit dan semangat semua masyarakat Sulawesi Barat. Remaja ini akan mengeluarkan energi terbaiknya demi medali untuk negaranya. Di arena dayung, dia akan menunjukkan pada banyak orang bahwa Sulawesi Barat adalah samudera yang telah melahirkan banyak pelaut ulung.

Jika para pelaut dan nelayan kita telah menjadi bahari yang menjelajah hingga pulau-pulau dan membangun Sandeq sebagai perahu tercepat, maka dirinya pun pasti bisa menunjukkannya di arena dayung. Saya sangat yakin dia akan secepat ikan yang melesat di lautan, serta setangguh ombak di lepas pantai Polewali Mandar.

Sebagai warga Sulbar, saya memberikan dukungan penuh kepadanya. Kita tak boleh membiarkannya sendiri. Kita harus bersama membantu memberi semangat, serta mengapresiasi dirinya yang sedang membawa nama kita semua. Kita bersama akan mendoakan dirinya agar bisa meraih medali untuk Indonesia.

Pada Ramla Baharuddin, kita melihat karakter Sulbar yang selalu berjuang untuk meraih prestasi tertinggi. Itulah karakter yang harus kita semai di semua lapangan kehidupan kita. Selamat berjuang!

Muhammad Asri Anas
#DPRRI #PANSULBAR #Mamuju
Foto: Facebook Ramla Baharuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here