Tim Sulbar, Tim Laskar Pelangi

45

Oleh : Muh. Asri Anas (Anggota DPD/MPR RI / Ketua DPW PAN Sulbar)

INFOSULBAR.COM, OPINI – HEBAT. Tim SMU 1 Polewali yang mengikuti Cerdas Cermat Empat Pilar di MPR RI akhirnya terpilih sebagai juara tiga nasional. Bayangkan, ada ratusan ribu SMU di seluruh Indonesia, tapi SMU 1 Polewali terpilih sebagai juara tiga nasional. Ini prestasi yang harus kita rayakan sama-sama.

Tahun lalu, tim Sulbar juga terpilih sebagai juara 2 nasional. Kita punya kualitas hebat yang bisa membawa kita ke posisi puncak. Biarpun SMU 1 Polewali dikalahkan SMU 1 Kota Metro, Bandar Lampung, dan SMU 3 Tangerang, saya tetap bangga. Kita telah tunjukkan kualitas kita kepada Indonesia. Bisa bertanding di Jakarta saja sudah hebat, apalagi jadi juara tiga.

Bukan hanya saya yang kagum. Salah seorang juri, Prof Bachtiar Aly, juga mengagumi para peserta. Dia bilang: “Tadi itu luar biasa, mereka mampu menghafal dengan baik. Menguasai materi dan mampu menyampaikannya secara baik pula.”

Saya teringat pada film Laskar Pelangi. Saat itu, tim yang dikomandani Ikal dan Arai juga tidak diperhitungkan. Sekolah mereka ada di pelosok. Malah mereka melaju ke partai final dan harus bersaing dengan sekolah-sekolah mapan di kota-kota.

Penampilan wakil Sulbar ini juga mengejutkan sebagaimana kisah Laskar Pelangi. Anak-anak kita tidak diunggulkan. Tadinya, orang-orang memprediksi kalau tim yang ke partai final berasal dari sekolah-sekolah unggulan di Jawa. Tapi, tim SMU 1 Polewali bisa membalik semua prediksi. Mereka sukses melaju ke partai puncak.

Mereka bikin bangga kita semua, yang tinggal di Pasangkayu hingga Polewali, juga membuat bahagia warga Mamasa hingga Majene. Kita punya kualitas tanding di tingkat nasional. Kalau anak-anak ini bisa bicara di level lebih tinggi, maka kita pun bisa lebih hebat dari mereka. Kesuksesan mereka adalah awal dari capaian kita di banyak arena.

Biarpun saya adalah alumni SMU 1 Polewali, saya melihat mereka sebagai anak-anak kita di Sulbar. Mereka adalah wakil kita yang telah berjuang untuk membawa nama kita ke jenjang yang lebih tinggi. Anak-anak muda ini memberi kita pelajaran tentang mentalitas dan keberanian. Mereka tidak minder, tapi punya mental kuat saat berhadapan dengan tim-tim dari berbagai daerah.

Saya tidak cuma mengagumi prestasi mereka yang bisa ke partai puncak. Tapi juga kerendahan hati mereka yang mengakui itu berkat dukungan semua masyarakat Sulbar. Salah seorang peserta sempat berkata, “Ini semua berkat dukungan dan doa semua masyarakat.”

Luar biasa. Anak-anak ini tak cuma pintar. Tapi juga rendah hati. Mereka setinggi bintang di langit, tapi tetap rendah hati sebagaimana intan di dasar lautan. Salut buat kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here