Irwan Pababari : Korban yang Transit dari Sulteng 4.682 Orang

1028

INFOSULBAR.COM, Mamuju – Pengarah dan penanggungjawab posko induk peduli korban gempa dan tsunami Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Irwan Satya Putra Pababari, merilis jumlah pengungsi yang sempat transit di rumah jabatan Wakil Bupati Mamuju, Senin (8/10/18).

Berdasarkan data yang diterima, jumlah pengungsi yang transit atau singgah di posko rumah jabatan Wakil Bupati Mamuju sebanyak 4.682 orang.

Jumlah tersebut dibeberkan oleh Irwan Satya Putra Pababari, saat menggelar konferensi pers, sore ini.

“Selama lebih satu minggu posko ini dibuka, jumlah korban yang transit mencapai 4.682 orang. Mayoritas Ibu-ibu dan anak-anak,” sebut Irwan.

Irwan juga mengatakan, sesuai kesepakatan rapat tim relawan, terhitung sejak hari ini posko rujab Wakil Bupati Mamuju resmi ditutup.

“Tapi pelayanan tetap kita berikan jika sekiranya masih ada keluarga dan saudara kita dari Sulteng yang singgah. Namun, skalanya kita perkecil. Kita tutup dapur umum, kita hentikan ambulance dari Siga Kemenkes, tetapi pelayanan seperti kesehatan dan pelayanan lain masih kita siapkan. Tenda BPBD juga kita bongkar. Kemudian, para relawan juga yang mau ikut sudah kita hentikan,” jelasnya.

Untuk jumlah masyarakat yang menyumbang, lanjut Irwan, juga sangat besar, mencapai 964 orang atau instansi.

“Sumbangannya bervariasi, seperti beras, air mineral, mie instan, pakaian layak pakai, perlengkapan bayi, perlengkapan mandi, makanan ringan, kebutuhan khusus wanita, barang campuran, uang tunai dan sumbangan lainnya,” sebutnya.

Para relawan, tambah Irwan, kini akan lebih fokus untuk menyiapkan distribusi bantuan yang masih ada. Semuanya akan disalurkan ke tiga tirik di Sulteng.

“Sekarang kita mulai siapkan untuk mendistribusi barang yang ada di posko ini. Ada tiga titik lokasi tempat kita mendistribusi logistik, seperti posko di Palu, Donggala dan Sigi. Insya Allah, ini akan kita maksimalkan,” katanya.

Sebelumnya, lanjut dia, bantuan dari warga Mamuju juga telah didistribusikan sebanyak 3 truck ke Palu, Donggala dan Sigi.

“Sudah ada juga bantuan yang kita salurkan. Itu diantar langsung oleh teman-teman Orari, FPPI dan Banser beberapa hari lalu ke Palu, Donggala dan Sigi,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here