Umar, Kader Banser Ahli Dayung yang Membanggakan

270

INFOSULBAR.COM, Mamuju – Umar, salah satu kader Banser Mamuju Yang patut dibanggakan. Pria kelahiran Desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju ini resmi bergabung dan menjadi anggota Banser sejak ikut dalam Diklatsar Banser, gabungan PAC Simboro dan Bala-balakang PC Ansor Mamuju, pada tahun 2017 lalu.

Kini, Ia bekerja sebagai buruh bangunan, dan tetap tinggal di Desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Ia bersama sang Istri, Sumarni (29 tahun) dan dua orang anak, Zahra Al Airin, (8 tahun) dan Qadiran (6 tahun). Ia memiliki prestasi yang membanggakan.

Keahliannya pada atlet dayung, dan kini telah beberapa kali mengikuti lomba pada tingkat daerah maupun nasional.

Pada Pekan Olah Raga Daerah (Porda), Umar meraih satu medali emas tahun 2007 dan Pra Pekan Olah Raga Nasional (Prapon) di Waduk Jati Luhur, Purwakarta, Jawa blBarat tahun 2007 silam.

Pada Tahun 2015, Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Umar meraih dua medali perak.

Prestasi yang ditorehkan Umar ini, membuat dirinya lebih giat berlatih, bahkan bakat yang dimilikinya disalurkan ke anak-anak muda di kampungnya, di desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju.

Salah satu murid kebanggaannya yang pernah meraih juara dalam ajang Asean Games adalah Ramlah.

“Sekarang ini saya juga jadi pelatih dayung di kabupaten Mamuju Tengah untuk persiapan Porprov 3 nanti di Kabupaten Majene pada tanggal 12-19 November 2018 bulan depan” terang Umar kepada wartawan, Senin, (8/10/2018).

Umar menceritakan, Ramlah salah satu putri terbaik Sulbar yang mendapatkan medali perak Asean Games 2018 di Palembang. Ramlah, kata Umar, adalah seorang anak yatim piatu. Tinggal bersama kakaknya di Dusun Batupapan, Desa Bambu, Kecamatan Mamuju.

Semangat Ramlah dalam berlatih Dayung mengantarkannya mengikuti berbagai lomba tingkat daerah maupun nasional. Ramlah mengikuti Kejurnas PPLP pada tahun 2014 di Sulsel mendapatkan 1 medali perak, Kejurnas PPLP 2015 di Maluku mendapatkan 2 medali emas dan POPNAS di Jabar tahun 2015 mendapatkan 2 medali perunggu.

Tak hanya itu, prestasi Ramlah kian gemilang, ia mengkuti Kejurnas PPLP pada tahun 2016 di Provinsi Riau dan mendapatkan 1 medali emas 1 perak, dan 1 perunggu.

Juga kejuaraan internasional Dragon Boat pada tahun 2017 medapat satu medali perak. Kejurnas PPLP tahun 2017 di Sulteng mendapat satu emas satu perak. POPNAS tahun 2017 di Provinsi Jateng mendapatkan satu medali emas dan ke Jurnas junior 2017 Palembang mendapat dua medali emas.

Nama Ramlah yang kian melangit di kancah olahraga dayung ini, mengantarkannya mengikuti Asean Games pada tahun 2018 di Palembang Dragon Boat Putri dan mendapatkan satu medali perak.

“Kita bersyukur Ramlah dapat mencapai prestasi-prestasi yang membagakan. Mudah-mudahan anak-anak muda lain dapat mengikuti jejak Ramlah dengan berlatih yang tulus, ikhlas serta tak lupa berdo’a,” terangnya. (San).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here